cute

Jumat, 30 Maret 2012


TUGAS 2 (DUA) SOFTSKILL AKUNTANSI INTERNASIONAL
Mata Kuliah    : Akuntansi Internasional
Nama              : Margaretha Iput
N.P.M             : 20208771
Kelas               : 4EB13
 

KASUS LETTER of CREDIT (Bantuan Likuiditas Bank Indonesia)
Kasus dari krisis ekonomi yang sedang melanda di negara-negara sekarang mempunyai dampak terhadap mata uang pada negara-negara tersebut, salah satunya terjadi di Negara Indonesia dimana untuk mengatasi pelemahan rupiah, Bank Indonesia kemudian memperluas rentang intervensi kurs jual dan kurs beli rupiah, dari Rp 192 (8%), menjadi Rp 304 (12%). Guna mengurangi tekanan terhadap rupiah, Bank Indonesia mulai melakukan pengetatan likuiditas dengan menaikkan suku bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dari 6% menjadi 14%.
Akibat kondisi bank-bank umum kemudian meminta bantuan BI sebagai lender of the last resort, ini merujuk pada kewajiban BI untuk memberikan bantuan kepada bank dalam situasi darurat. Dana talangan yang dikucurkan BI ini yang dikenal dengan BLBI. Sesehat apapun sebuah bank, apabila uang dari masyarakat ditarik serentak tentu tidak akan sanggup memenuhinya.
Penyimpangan BLBI dimulai ketika BI memberikan dispensasi kepada bank-bank umum untuk mengikuti kliring meskipun rekening gironya di BI bersaldo debet. Dispensasi diberikan kepada semua bank tanpa melakukan pre-audit untuk mengetahui apakah bank tersebut benar-benar membutuhkan bantuan likuiditas dan kondisinya sehat. Akibatnya, banyak yang tidak mampu mengembalikan BLBI kondisi seperti ini pasti sangat merugikan dan dapat menjadi pelajaran yang sangat penting untuk bantuan dana likuiditas yang diberikan BI kepada bank-bank umum dikemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar